Bagikan Postingan ini :

INTRO

Halo sobat netizen kali ini saya akan sedikit sharing tentang Torrent, Nah Biasanya jika sobat hobby mendownload film ataupun software pasti akan mencari manual di Google Search dan tentunya sobat pasti sering sekali menemui web yang penuh dengan iklan saat hendak mendownload software ataupun film jadi sobat sangat terganggu dengan hal tersebut disamping itu juga terkadang file yang di upload si pemilik web seringkali di hapus oleh penyedia Storange online apabila melanggar kebijakan mereka. Kali ini saya akan memberikan sobat solusi bagaimana cara mendownload software Versi Pak tani dengan mudah di web yang memang diperuntukan untuk itu menggunakan jasa Torrent.

PENJELASAN TORRENT

Torrent adalah teknologi berbagi file yang disebut BitTorrent, Dimana ada sebuah file torrent yang berisi metadata yang menjelaskan dimana letak file dan dimana folder tersebut dibagikan, Jadi pada dasarnya file torrent ini berukuran kecil dan bertindak seperti pelacak /  pencari untuk mendownload file yang sebenarnya. Extensi untuk file torrent biasanya (.torrent). Dan untuk mendownload file torrent diperlukan software client uTorrent (untuk Windows) dan Transmission (untuk Mac OS dan Linux).

  1. Cara Kerja TorrentTeknologi BitTorrent adalah teknologi dengan metode file peer-to-peer internet sharing, ketika sobat mendownload file dari orang yang dengan sengaja melakukan Sharing di situs torrent maka orang lain yang hendak mendownload file tersebut juga akan mendownload dari komputer sobat sehingga akan terjadi download berantai dari komputer ke komputer lain. Teknologi ini sangat menguntungkan karena tidak membebani server si pembagi pertama, karena semua orang berfungsi sebagai pengirim dan penerima file.
  2. Pengertian Seeder dan Leecher
    Setelah sobat selesai mendownload file torrent sobat akan berperan sebagai “Seeder” dimana fungsi dari seeder ini adalah komputer sobat akan digunakan untuk mengupload file yang sudah selesai sobat download tadi ke teman-teman yang hendak mendownload file tersebut jadi mereka mendownload dari komputer sobat (sobat bisa berhenti menjadi seeder kapanpun sobat mau) . Jika sobat tidak mengupload file dan hanya mendownload maka sobat bisa dikatakan “Leecher”.

CARA PENGGUNAAN TORRENT

Sekarang kita akan membahas bagaimana cara menggunakan torrent untuk mendownload sebuah software maupun FIlm, Pada situs penyedia file torrent terdapat banyak sekali file maupun Film yang bisa sobat download bisa dibilang software populer hampir semua ada di sini jadi sangat memudahkan kita untuk mendapatkanya, namun ada beberapa hal yang perlu sobat ketahui bahwa tidak semua file torrent aman dikarenakan kemungkinan file tersebut sudah disisipi malware atau virus dari penguploadnya, Jadi saran saya jika sobat mencari software lihat Bagian Seeder dan Leechernya kalau rame yang download kecil kemungkinan software tersebut ada virusnya tapi tidak menutup kemungkinan ya kalau ada virusnya juga jadi Do With Your Own Risk. Sejauh ini saya juga masih menggunakan Torrent untuk mendownload beberapa software dan film yang saya perlukan. Oke kita lanjut untuk mendownload file torrent sobat harus menggunakan software Client dari Utorrent caranya adalah :

Ketik di Google Download Utorrent atau langsung ke web https://www.utorrent.com/

Saat sudah muncul seperti gambar di atas sobat diharuskan memilih Versi uTorrent bisa menggunakan uTorrent Web atau uTorrent ClassicDari segi penggunaan uTorrent Web menggunakan browser kita sebagai alat downloadnya sedangkan versi Classic memberikan kita sebuah Interface dari Program uTorrent yang nantinya kita Instal di Komputer contoh preview bisa sobat lihat langsung di webnya. Untuk kali ini saya akan menunjukan penggunaan dari uTorrent Versi Web. Jika sobat mau menggunakan yang Classic tidak apa juga sih karena caranya hampir sama.

Nah setelah terinstal sekarang sobat buka Aplikasi uTorrentnya…

Tampilan uTorrent Versi Web Download

Seperti yang sobat lihat di atas  adalah versi download menggunakan browser. nah sekarang cara sobat memasukan file torrent yang akan di download. Oke disini ada banyak web penyedia jasa torrent yang tidak bisa saya sebutkan semuanya jadi hanya beberapa saja yang saya sebutkan. Oiya untuk mengakses web tersebut pastikan browser sobat sudah terinstal Plugin Anonymox atau sobat bisa gunakan Browser Opera yang sudah include VPN di dalamnya karena untuk mengakses web tersebut pasti akan di blokir oleh Kominfo. Web penyedia yang biasa saya gunakan antara lain :

Baca Juga : Cara Membuat Bar Chart Race

Klik Kanan Pada Bagian Get This Torrent

Untuk Mendownload Software dan beberapa FIlm Juga

Untuk Mendownload FIlm

Nah dari ketiga web di atas sobat bisa pilih yang mana sobat hendak gunakan. Oke buka salah satu webnya lalu ketikan yang sobat hendak cari

lalu pilih salah satu file yang dirasa cocok kemudian klik link dari file tersebut dan nantinya sobat akan diarahkan menuju halaman di bawah ini

Kemudian Klik Kanan di Bagian GET THIS TORRENT —–> COPY LINK ADDRESS. Selanjutnya setelah link tercopy sobat buka aplikasi uTorrent dan masukan linknya di bagian Add Torrent to This Computer dan Copy Paste di bagian Magnet Link, Setelah selesai sobat klik button Add Torrent dan Proses Download akan dimulai

Nah sampai disini sobat sudah bisa menggunakan uTorrent untuk mendownload berbagai macam torrent di situs penyedianya, Ingat gunakan dengan bijaksana dan tetap waspada karena di tidak ada jaminan file di sana semuanya bersih dari virus maupun malware. Semoga tutorial di atas bisa membantu sobat dan apabila ada pertanyaan sobat bisa corat – coret pada kolom komentar, Selamat Mencoba dan salam Mr Leong.