Cara Factory Reset Receiver Matrix Garuda

Halo sobat kali ini saya akan sharing pengalaman terkait dengan mengembalikan receiver Matrix Garuda ke settingan pabrik atau Factory Reset bahasa kerennya.

Nah berawal dari kejadian saat itu saya dan keluarga menggunakan TV kabel bulanan di lingkungan komplek kami tinggal dimana TV kabel di lingkungan kami tinggal sering mengalami gangguan lalu saat kami komplain mereka juga sangat lama responya namun yang lebih membuat jengkel lagi yaitu sudah pelayanan jelek bayaran tiap bulan tidak pernah mau telat.

Nah dari situlah saya mencoba memasang kembali Receiver lama yang memang dulunya pernah kami pasang namun tidak digunakan karena saat itu tidak ada yang mengerti cara melakukan pengaturan Receiver tersebut saat channelnya tiba – tiba hilang sendiri, Kira – Kira seperti gambar di bawah ini penampakanya.

Selanjutnya dikarenakan saat itu saya tidak tahu cara setting Receiver ini maka saya googling dulu agar mengetahui bagaimana cara mencari sinyal dan melakukan pengaturan lainnya supaya bisa nonton lah intinya.

Berbekal ilmu yang saya dapatkan dari google akhirnya saya memutuskan untuk mengembalikan receiver ke pengaturan pabriknya agar kita bisa melakukan pelacakan ulang sinyal – sinyal Televisi maupun radio.

Kita mulai saja langkahnya adalah  Pertama – tama tekan tombol menu di remote Receiver Kalian…

Setelah kalian menekan menu maka akan muncul beberapa pilihan di TV kemudian masuk ke bagian Peralatan lalu pilih Pengaturan Pabrik dan nanti kalian akan diminta memasukan password seperti gambar di bawah ini.

Jika kalian diminta memasukan sandi seperti di atas maka kalian masukan sandi default kebanyakan Receiver yaitu 0000 (Nol Empat Kali).

Namun sandi ini berbeda setiap Receivernya dan kalau kalian tidak tahu sandinya cukup google aja lah nanti akan banyak website yang menyediakan sandi resetnya berdasarkan merk receiver sobat.

Oke kita lanjut setelah sobat memasukan sandi di atas maka akan muncul gambar seperti di bawah ini.

Lanjut aja kalian tekan YA dan tunggu beberapa detik Receiver kalian pun kembali ke Pengaturan Pabrik, jika sudah sampai disini kalian belum selesai yang harus  kalian lakukan adalah mencari Channel yang sudah hilang dengan cara kalian kembali ke menu utama lalu pilih Instalasi. Seperti gambar di bawah ini.

Saat kalian memilih Instalasi maka selanjutnya akan tampil beberapa Satelit yang hendak kalian gunakan untuk mencari Channel Televisi maupun Radio. Lihat Gambar di bawah

Gambar di atas memberikan kita pilihan bahwa terdapat banyak satelit yang bisa kita gunakan untuk mencari siaran televisi maupun Radio namun disini tergantung dari keperluan sobat sekalian.

Kalau saya pribadi saya hanya membutuhkan siaran Televisi Indonesia jadi yang saya pilih yaitu 2 (dua) satelit saja yakni PALAPA dan TELKOM sedangkan yang lainnya tidak saya gunakan.

Oke setelah selesai memilih satelit selanjutnya sobat langsung saja klik tombol cari yang berwarna BIRU di remote maka nanti akan muncul lagi pilihan seperti gambar di bawah ini.

Lanjut setelah muncul pilihan seperti di atas sobat pilih di bagian CARI SIARAN.

Disana terdapat pilihan SIARAN TV, SIARAN RADIO atau SIARAN TV dan RADIO.

Pilih saja sesuai yang sobat mau misal sobat mau mencari SIARAN TV ya tinggal pilih saja disana kemudian setelah memilih siaran sobat langsung bepindah ke bagian MODE PENCARIAN.

Pada Bagian MODE PENCARIAN sobat ganti dengan pilihan PENCARIAN BUTA dan jika sudah selesai Pilih CARI lalu tunggu prosesnya sampai selesai.

Nah seperti gambar di atas saya mendapatkan 163 Siaran TV dan 10 Siaran Radio dikarenakan sebelumnya saat saya memilih untuk mencari siaran saya juga memilih untuk mencari siaran Radio.

Baca Juga : Cara Mengatur Frekuensi di Receiver Matrix Garuda

Sampai disini cara untuk mengembalikan Receiver ke Pengaturan Pabrik sudah selesai dan sobat bisa menonton TV seperti biasanya terkecuali kalau dengan cara ini TV sobat masih NO SIGNAL maka sobat perlu mengecek kabel yang terhubung antara TV dengan Receiver maupun Receiver dengan Parabola.

Penyebab lain jika sobat tidak mendapatkan sinyal (no signal) bisa jadi karena memang di wilayah tersebut penerimaan sinyalnya sangat buruk bahkan tidak ada sinyal sama sekali.

Kemudian yang terakhir apabila sobat tidak juga menemukan solusi atas permasalahan sobat sebaiknya panggil Teknisi untuk urusan seperti ini.

Semoga Pengalaman saya bisa membantu sobat, Salam Mr. Leong.

Bagikan Postingan ini :

Putu Artha

Seorang Laki- Laki yang senang berbagi ilmu seputar Informasi Teknologi dan Elektronika Serta pengalaman yang pernah saya lakukan

This Post Has 2 Comments

  1. Sudi

    Makasi tipsnya mas. Sangat membantu

Leave a Reply