Tips Memulai Bisnis Online

Bagikan Postingan ini :

Seiring dengan perkembangan zaman menuntut seseorang untuk mengikuti trend perkembangan tehnologi yang ada. Majunya tehnologi membuat orang akan semakin beragam kebutuhannya. Kemudahan tehnologi ini juga membuat mau tak mau orang akan berusaha mengikuti perkembangan agar tidak ketinggalan tentang kecanggihan tehnologi ini. Kemudahan dan keragaman akan kebutuhan di era modern ini memunculkan permintaan dan penawaran yang tidak seimbang.

Permintaan dan penawaran yang tidak seimbang ini kadang akan menjadikan masalah baik dalam social maupun dalam bidang ekonomi. Sebagai contoh adalah dalam bidang ekonomi dengan adanya bisnis online mau tak mau para pedagang harus mengupgrade cara berjualan agar mudah dijangkau dan tentunya untuk meningkatkan pendapatan dan laba bagi usahanya. Dengan belajar cara berbisnis secara online ini juga akan mempermudah para pemilik bisnis untuk mengembangkan bisnis yang dijalankannya.

Bisnis online berbasis aplikasi memang telah menjadi trend dikalangan beberapa orang ini juga membuat banyaknya bisnis bermunculan dan hal ini juga di imbangi dengan permintaan akan kebutuhan baik barang dan jasa yang diperoleh dari jasa bisnis online semakin meningkat. Ini menjadi suatu ladang bisnis bagi sebagian orang melihat peluang bisnis online yang banyak keuntungan. Namun tak jarang banyak juga yang gagal dalam mengambil peluang bisnis online ini. Semua bisnis dibutuhkan ketekunan dan ke uletan untuk terus menjalaninya begitu juga dengan bisnis online ini.

Beberapa Tips Agar Sukses Menjalankan Bisnis Online Berbasis Tehnologi

Banyak yang bertanya bisnis online ini sangat susah dijalankan dan banyak juga yang menganggap lebih ribet dari pada dengan bisnis biasa namun jika dilihat lebih dalam bisnis online memberikan banyak manfaat yang tidak disadari bagi sebagian orang yang menganggap bisnis online ini ribet dan susah. Berikut ini adalah beberapa tips yang dapat Anda lakukan untuk mengembangkan dan menjalankan bisnis online Anda agar dapat berkembang dengan pesat dan tentunya  memiliki banyak keuntungan. Simak ulasannya sebagai berikut.

Bentuk Mindset Bisnis

Tanamkan mindset  bisnis dalam pikiran Anda, ini akan membantu untuk menjalankan dan menjembatasi pikiran dan apa yang harus dilakukan jika terjadi sesuatu dalam bisnis yang Anda jalakan. Bisnis tidak selalu menguntungkan ada kalanya bisnis akan mengalami untung dan ada kalanya akan mengalami kerugian. Inilah yang harus dipahami dan dijadikan jalan untuk mengambil sikap apa saja yang harus dilakukan jika bisnis sedang lesu dan langkah apa yang diambil jika bisnis sedang naik. Bisnis online berbasis aplikasi juga dirasa mampu memberikan banyak keuntungan jika tepat dalam pengambilan keputusan.

Bulatkan Niat

Membulatkan niat dan tekad untuk berbisnis memang mudah, namun tak jarang ketika Anda mengalami batu ganjalan sedikit akan merasa turun rasa semangat. Inilah yang kadang menjadikan niat yang sudah lurus menjadi banyak rasa ragu. Rasa ragu yang terus menerus juga akan berakibat tidak baik terhadap bisnis yang sedang Anda jalankan. Dan jika keadaan ini terus menerus tidak segera diatasi maka lambat laun bisnis Anda juga akan mengalami kebangkrutan.

Fokus Dalam Menjalankan

Binis online juga diperlukan fokus pada tujuan, produk barang atau jasa yang ingin ditawarkan ini juga akan membatasi pikiran Anda. Dengan memfokuskan barang atau jasa yang Anda tawarkan ini juga akan memberikan nilai lebih kompeten dibidanganya. Dan mudah juga bagi orang untuk menentukan pilihan dan mau mencoba kepada barang atau jasa yang Anda tawarkan. Karena bisnis online berbasis aplikasi ini sangat cocok untuk semua jenis usaha maka perlu segmentasi produk yang lebih spesifik ini juga akan memudahkan calon customer mencari barang atau jasa yang dibutuhkan.

Melihat Pangsa Pasar

Seorang pebisnis harus jeli melihat peluang dan pangsa pasar yang cocok sesuai dengan jenis bisnis dan usaha yang dijalankan. Dengan mengetahui pasar yang tepat ini juga akan mempermudah Anda untuk mendapatkan customer dan memperluas jaringan bisnis Anda. memang tidak bisa dipungkiri jika bisnis online mempunyai kelebihan dapat diakses oleh semua orang dan kalangan. Namun tidak semua orang memiliki kebutuhan yang sama antar satu dengan yang lainya. Ini juga harus dipertimbangkan melihat bagaimana perkembangan kedepan bisnis Anda apakah ada kemajuan atau bahkan jalan di tempat.

Membaca kekuatan Pesaing

Kejelian seorang pebisnis juga akan di uji dengan membaca kekuatan pesaing, ini dimaksudkan agar Anda mamapu mengimbangi bahakan lebih unggul dari pesaing Anda, tentunya dengan persaingan yang sehat. Dengan melihat kelebihan pesaing Anda juga dapat menentukan strategi apa yang harus diambil agar dapat sejajar dan dilirik banyak customer ini juga dapat menjadi cambuk agar seorang pebisnis harus selalu melakukan inovasi terhadap barang dagangannya baik barang maupun jasa. Bisnis online berbasis aplikasi juga memberikan bnayak manfaat untuk mebaca kekuatan pesaing dari review customer.

Lakukan Promosi Yang Unik

Melakukan promosi wajib dilakukan oleh seorang pebisnis, namun jika dilakukan ala kadarnya juga tidak akan memberikan hasil yang maksimal. Inilah mengapa pentingnya untuk melakukan promosi produk barang dan jasa dengan semenarik mungkin. Orang akan lebih cepat mengingat dan cenderung akan melirik barang atau jasa yang Anda tawarkan jika promosi yang di lakukan dengan unik dan menarik. Buatlah orang penasaran dengan barang yang Anda tawarkan dengan begitu pasti akan melihat produk lebih lanjut Atau mencoba menghubungi, inilah kesempatan untuk menangkap jika sudah ada customer yang tertarik.

Dengar Kritik saran Konsumen

Kritik dan saran dari konsumsen dapat untuk dijadikan cermin apa yang harus diperbaiki dari bisnis yang sedang Anda jalani ini. Namun tidak semua memang customer juga bijak dalam memberikan kritik dan saran apalagi dalam bisnis online berbasis aplikasi banyak para pesaing yang berpura – pura jadi pembeli dan memberikan review yang jelek ini juga tentunya akan menjatuhkan dan memberikan nilai yang kurang baik dalam bisnis Anda. namun lagi – lagi Anda di tuntut untuk tetap mengevaluasi bisnis yang sedang Anda jalankan.

Belajar Dari Kesalahan

Pengalaman adalah guru yang paling baik, begitu pepatah mengatakan memang benar jika kita dapat menjadikan pengalaman sebagai bahan evaluasi baik dan buruk maka kita tidak akan lagi terjebak dalam kesalahan yang sama. Apalagi dalam bisnis jatuh bangun pasti akan dirasakan. Namun dengan adanaya kesalahan, jatuh dalam bisnis ini akan memberikan pengalaman yang sangat berharga agar tidak terjadi kesalahan yang sama di masa yang akan datang.

Kelola keungan Dengan Baik

Mengelola keuangan dengan baik sangat diperlukan saat bisnis online berbasis aplikasi sedang meningkat pesat, sebagai seorang pebisnis Anda juga harus menyisakan pendapatan untuk dianggarkan jika terjadi hal yang tidak di inginkan. Seperti halnya misal pada saat bisnis sedang lesu atau sepi namun Anda harus tetap menggaji karyawan, ini yang harus pintar mensiasati bagaimana kemungkinan – kemungkinan yang lain yang dapat muncul.

Dari berbagai uraian Tips diatas memberikan gambaran bahwa sebenarnya diperlukan ketekuan dan keuletan dalam menjalankan bisnis online berbasis aplikasi. Banyak yang dapat diambil kesimpulan bahwa sebenarnya bisnis tidak hanya mendapatkan keuntungan yang banyak namun juga mampu bertahan dan berkelanjutan dalam berjalan ini yang penting. Semoga beberapa tips di atas memberikan banyak manfaat yang dapat Anda ambil. Selamat berbisnis semoga sukses.

Author: Putu Artha

Seorang Laki- Laki yang senang berbagi ilmu seputar Informasi Teknologi dan Elektronika Serta pengalaman yang pernah saya lakukan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *