Cara mengatasi printer hanya tersedia 3 pilihan yaitu A4, Letter dan Custom Size

halo sobat netizen kali ini saya akan sharing tentang printer yang saat kita akan melakukan print / cetak hanya menyediakan 3 opsi pilihan kertas yaitu A4, letter dan Custom Size, nah mungkin disini sobat bertanya – tanya kenapa printer saya bisa demikian dan bagaimana caranya saya untuk mencetak kertas Legal atau F4.

Mungkin sebagian dari teman – teman akan mennggunakan opsi custom size dan mengisi lebar serta ketinggian dari kertas F4, hal tersebut tentunya bisa dilakukan namun tetap saja nantinya tidak akan maksimal saat melakukan cetak / print.

Nah kenapa bisa demikian kok printer saya cuman bisa 3 pilihan saja kemarin padahal banyak pilihanya ? mari kita kupas kok bisa demikian.

Sejatinya jika menggunakan windows 7 sobat diharuskan untuk menginstal driver printer sebelum bisa digunakan namun jika sobat sudah beralih ke Windows 10 atau baru membeli Laptop yang OS nya windows 10 sobat bisa saja langsung melakukan print dengan cara mencolokan langsung printernya tanpa menginstal driver apapun itulah yang menjadi kelebihan dari windows 10.

Terutama pada saat emergency dan tidak ada jaringan internet untuk mendownload driver sobat bisa sementara menggunakan printer namun seperti di atas tadi hanya terdapat 3 pilihan kertas saat di cetak.

Kebetulan kemarin saya dimintai tolong untuk mencetak dokumen karena si pemilik laptop yang bingung kenapa kertas cetaknya tidak lengkap dan hanya tersedia pilihan A4, Letter dan Custom Size, saat itu teman saya ini menggunkan printer epson dengan seri L360 nah langsung saja tanpa basa basi jika sobat hendak memunculkan pilihan cetak selain 3 ukuran tadi sobat ikuti langkah – langkah di bawah ini…

1. Download Driver dari Printer yang hendak sobat gunakan

Cari Driver komputer sobat sesuai merk dengan cara klik link situs resmi drivernya di bawah ini…

2. Remove Devices yang sudah terinstal otomatis

Jika sudah mendownload driver sekarang sobat pergi ke Settings —> Devices —> Printer & Scanners. Cari dan remove atau hapus printer yang sudah terinstal otomatis di windows 10.

3. Instal Driver 

Langkah terakhir yaitu instal driver dari printer yang sudah sobat download sebelumnya. Jika sudah selesai maka ukuran kertas akan muncul dengan sendirinya.

Nah sampai disini sobat pastinya sudah dapat memunculkan ukuran kertas yang lain karena driver asli dari printer sobat sudah terinstal di Windows 10, sekarang sobat tinggal test print / cetak dokumen.

Mungkin itu saja yang dapat saya bagikan hari ini semoga bisa membantu sobat sekalian, Semoga berhasil dan Salam Mr Leong.

Bagikan Postingan ini :

Putu Artha

Seorang Laki- Laki yang senang berbagi ilmu seputar Informasi Teknologi dan Elektronika Serta pengalaman yang pernah saya lakukan

Leave a Reply