Bagikan Postingan ini :

Halo sobat netizen lama tidak memposting sesuatu karena kesibukan di kantor dan kali ini saya akan sharing pengalaman sedikit menggunakan Wireless-N Repeater yang berfungsi untuk memperluas jangkauan Wi-Fi ke wilayah yang tidak di jangkau Router utama, misal jika rumah sobat luas namun Router utama / Modem dari Telkom tidak sampai ke suatu ruangan di rumah atau mau berbagi Wi-Fi dengan tetangga maka sobat bisa gunakan Wireless N Repeater ini. Contoh Produknya seperti gambar di bawah ini.

Disini saya tidak mempromosikan produk manapun yah dan kalau sobat mau membeli Wireless Repeater yang berbeda itu sah-sah saja dan kegunaanya hampir sama kok paling berbeda di pengaturan saja.

CARA KERJA WI-FI REPEATER

Wi-Fi Repeater ini bekerja dengan cara terkoneksi ke Jaringan Router Utama lalu membuat Jaringan baru untuk memperluas jangkauanya. Sobat bisa melakukan koneksi ke Router Utama dengan 2 cara Yaitu :

  1. Koneksi Dengan Menggunakan Kabel LAN (Local Area Network) dan Portnya sudah tersedia di samping kiri Repeater.
  2. Koneksi Dengan Menggunakan Jaringan Router lalu memancarkanya kembali sehingga jangkauanya lebih luas.

Nah sampai disini sobat mungkin sudah mengerti bagaimana prinsip kerja Repeater ini.

CARA SETTING WI-FI REPEATER

Sekarang kita lanjut ke cara setting Repeater supaya bisa digunakan untuk memperluas jaringan Wi-Fi, Untuk cara koneksinya sih tidak jauh berbeda mau menggunakan LAN atau Wi-Fi. Namun untuk kali ini saya akan membagikan cara Koneksi menggunakan Jaringan Wi-Fi Modem Utama. Yuk Kita mulai saja ya

Pertama – tama sobat colok dulu Repeater ke Listrik supaya Hidup pastinya 😀

Setelah itu tunggu sampai lampu di Repeater Menyala seperti gambar di atas kemudian sobat buka Handphone atau Komputer sobat dan Pastikan Nyalakan Jaringan Wi-Fi di perangkat tersebut.

Saat ini saya menggunakan Komputer untuk melakukan pengaturan di Repeaternya namun jika sobat menggunakan Handphone caranya juga tidak jauh berbeda, Lanjut setelah terkoneksi sekarang sobat buka Browser Sobat mau Chrome, Mozilla dll tidak masalah. Selanjutnya Ada 2 cara untuk masuk ke dashboard Repeater yaitu :

1. MENGGUNAKAN ALAMAT ATAU ADDRESS 

MASUK SITUS MENGGUNAKAN ALAMAT

2. MENGGUNAKAN IP DEFAULT REPEATER

MASUK ROUTER MENGGUNAKAN IP DEFAULT

Jika sobat masih bingung dan tidak bisa masuk ke Repeater sobat bisa membaca buku manual dari Repeater tersebut dan itu disediakan di dalam Kotak Pembelianya disitu tertera bagaimana cara mengakses Dashboardnya dengan IP DEFAULT 

Setelah sobat mengakses Repeaternya sekarang sobat perlu Login ke dalam Dashboard dan untuk Repater saya ini Username dan Passwordnya adalah admin. Lanjut setelah login nanti sobat akan diarahkan ke Halaman Utama.

Setelah masuk ke halaman utama sekarang sobat pilih Mode Repeater —-> Klik nanti akan muncul tampilan seperti gambar di bawah ini…

Nah bagian ini adalah yang terpenting dimana sobat harus memilih Jaringan Wi-Fi mana yang sobat akan Repeat / Extend agar jangkauanya lebih luas, Di sini Wi-Fi saya bernama Indihome Network. Sekarang sobat check box Wi-Fi sobat kemudian pada bagian Repeater ssid adalah nama dari Jaringan Wi-FI yang baru kemduain Security Key adalah passwordnya.

Catatan :

  • Pada bagian Repeater ssid saya sarankan untuk tidak mengubahnya dan biarkan sama dengan nama Router / Modem utama namun biarkan Ext di belakangnya, Contoh : Wi-Fi saya bernama Indihome Network dan otomatis dibuatkan Repeater ssid bernama Indihome Network_Ext. Kenapa jangan diganti ? Karena sepengalaman saya kalau diganti sesuai kemauan kita nanti Repeater akan sulit terkoneksi ke Modem Utama.
  • Pada Bagian Security Key harus sama dengan password Wi-Fi Router/Modem Utama.

Setelah sobat selesai melakukan setting di jaringan sobat tinggal tekan tombol Apply dan tunggu prosesnya sampai selesai

Jika sudah selesai sekarang sobat cari Wi-Fi yang sudah sobat buat barusan di jaringan dan langsung Koneksi menggunakan Password yang sama dengan Modem Utama.

Nah sampai disni sobat sudah berhasil Memperluas Jaringan Wi-Fi dengan Wi-Fi Repeater dan sudah siap berselancar di dunia maya.

MENGATASI PROBLEM TIDAK ADA ALOKASI IP

Mungkin ada beberapa dari sobat yang mengalami trouble terkait koneksi dengan Repeater dan permasalahan yang sering terjadi antara lain tidak adanya alokasi IP pada perangkat atau susah terkoneksi ke Repater ke beberapa perangkat dan hal ini bisa kita atasi dengan cara menggunakan IP Statis pada perangkat yang susah terkoneksi, Caranya adalah pertama – sobat harus punya 1 (satu) unit perangkat yang sudah terkoneksi dalam kasus ini komputer saya sudah terkoneksi ke Repeater kemudian buka pengaturan jaringan pilih Properties

Kemudian setelah itu cek IP Address pada Komputer yang sudah terhubung.

Untuk saat ini komputer saya terhubung dengan IPv4 address —–> 192.168.1.73 nah yang perlu sobat perhatikan adalah 2 digit terakhir pada IP address tersebut yang artinya perangkat komputer saya sudah mengambil / booking nomor 73 jadi tidak boleh ada perangkat yang punya nomor sama sehingga sobat tinggal gambling aja nomor yang mau sobat pakai dari 1 – 100 dan d bawah ini sudah saya siapkan video tutorial bagaimana cara mengkoneksikan handphone menggunakan ip statis…

Jika sampai disini sobat masih kesusahan terkoneksi ke Repeater sobat bisa lakukan reset lalu ulangi langkah – langkah membuat jaringan repeater dikarenakan mungkin saja repeater Hang saat proses koneksi terjadi.

Baca Juga : Cara Mengakses Komputer dari Jarak Jauh

KESIMPULAN

Pada Wi-Fi Repeater pengaturanya berbeda – beda sesuai dengan merk dan jenis dari repeater itu sendiri dan harga Wi-Fi Repeater setiap merknya juga berbeda beda  jadi sobat tinggal memilih saja mana yang bagus untuk sobat, sejauh ini saya menggunakan Wireless-N Repeater belum mengalami kendala dan untuk kecepatan saya sudah melakukan test di kamar paling pojok rumah menggunakan Repeater dan tidak hasilnya bisa sobat lihat di bawah ini

TEST SPEED WIFI MENGGUNAKAN TIDAK MENGGUNAKAN REPEATER

Gambar di atas menunjukan bahwa Kecepatan Download 2.49 Mbps dan Upload 1.92 Mbps jika saya melakukan koneksi langsung ke Wi-Fi Utama dari Kamar Paling pojok rumah saya.

TEST SPEED WIFI MENGGUNAKAN REPEATER

Gambar di atas menunjukan bahwa Kecepatan Download 9.82 Mbps dan Upload 1.99 Mbps jika saya melakukan koneksi ke Repeater dari kamar paling pojok rumah saya

Disini terlihat jelas Fungsi dari Repeater ini Yaitu memperluas jangkauan Wi-Fi utama agar semua Ruangan / Spot yang tadinya kurang sinyal jadi bisa terjangkau semua. Semoga Artikel saya ini bisa berguna bagi sobat dan jika sobat mengalami kendala sobat bisa tanyakan melalui komentar di bawah. Sampai Jumpa pada Postingan selanjutnya dan Salam Mr Leong.