Cara mengatasi jam / waktu komputer yang sering berubah

Cara mengatasi jam / waktu komputer yang sering berubah

Halo sobat netizen kali ini saya akan sharing terkait masalah yang mungkin sebagian dari kita atau sekarang kita sedang mengalaminya yaitu jam / waktu di komputer sering berubah sehingga menyebabkan kita selalu mendapat peringatan untuk merubah jam ketika akan browsing. Hal tersebut bisa dikarenakan settingan sobat yang salah maupun batrai CMOS di motherboard sudah mati.

Saya rasa untuk mengganti settingan waktu hampir semua dari kita sudah bisa melakukanya di komputer, sekarang kita akan membahas terkait batrai CMOS. CMOS merupakan singkatan dari Complementary Metal Oxide Semiconductor. Singkatnya pengaturan BIOS tersimpan di RAM CMOS, CMOS tersebut sebenarnya adalah rangkaian elektronik namun terdapat batrai bulat di rangkaianya yang bertugas untuk menjaga data yang tersimpan dalam rangkaianya.

Bentuk Batrai CMOS
Bentuk Batrai CMOS

Jika tidak ada power, pengaturan akan hilang atau kembali ke default, seperti halnya data yang diproses pada RAM ketika listrik mati. Jadi, baterai ini sangatlah diperlukan.

Untuk komputer keluaran terbaru, mereka sudah tidak lagi menggunakan RAM CMOS. Karena mereka sudah mampu menciptakan penyimpanan pengaturan BIOS di memory yang tidak membutukan power.

Nah sekarang sobat sudah tau kenapa settingan tanggal sering kembali ke waktu lampau, hal tersebut bisa dikarenakan batrai CMOS di komputer sobat sudah usang / habis dayanya. batrai ini bukanlah isi ulang jadi gak bisa di charge ya sobat, untuk itu sobat diharuskan mengganti batrai tersebut dengan yang terbaru, harganya juga tergolong murah kok sobat.

Seblum habis dayanya biasanya system akan menampilkan pesan error saat booting seperti “CMOS Battery Failure”, “CMOS Read Error”, atau “CMOS Checksum Error”. Nah jika terdapat pesan error seperti di atas sobat langsung saja mengganti battery CMOSnya.

Mengganti batrai CMOS tidaklah susah cukup buka dan masukan saja battery yang baru namun mesti diingat bahwa saat penggantian battery pengaturan BIOS yang lama akan menghilang semisal BIOS sobat menggunakan password maka akan menghilang saat penggantian battery.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *