Bagikan Postingan ini :
Halo sobat kali ini saya akan berbagi pengalaman yang pernah saya alami di dunia Mining. Sudah tau belum apa itu mining ? Mining adalah kegiatan menambang uang digital atau cryptocurrency (Nama Mata Uang Digital). Untuk mendapatkan mata uang digital yang bisa kita pergunakan untuk berbelanja atau yang lainya sama seperti mata uang pada umumnya. Ada banyak cara buat kita untuk mendapatkan mata uang seperti trading di situas resmi Bitcoin indonesia atau berburu gratisan seperti faucet. Kebetulan saat pertama mencoba saya tertarik mendapatkan cryptocurrency dengan cara menambang karena di tempat saya bekerja ada banyak komputer yang bisa di gunakan hehe. Jadi gak perlu keluar modal banyak buat nambang ya walaupun mesti bersabar dapat hasil. Software pertama yang saya gunakan adalah Minergate.
Minergate menyediakan 2 opsi untuk menambang yaitu dengan VGA atau dengan CPU software ini memang sangat cocok sekali buat para miners yang budgetnya low seperti saya. Karena mengingat VGA sekarang sudah mahal, Kasian para gamers jaman now dan memang tidak dipubgkiri sekarang mata uang digital sudah digemari dan sedang dicari cari terutama dengan cara menambang. Kalau tidak salah Desember 2017  kemaren saya baru mengetahui tentang mata uang digital bernama bitcoin yang nilainya melambung menjadi Rp. 212.000.000,- (Dua Ratus Dua Belas Juta) gilakk!! Padahal katanya ditahun sebelum-sebelumnya bitcoin hanya bernilai ratusan ribu. Dari sinilah saya mencoba untuk ikut mencari mata uang digital tersebut. Yah bisa dibilang telat sih, coba aja saya sudah berburu Bitcoin dari tahun 2010 kemaren pasti sudah jadi jutawan saya . Yah mau bilang apalagi, Tapi orang bijak bilang “tidak ada kata terlambat buat mencoba”. Januari Kemaren saya coba mining dengan minergate. Trus saya coba daftar dan mulai mining, Bisa dibilang minergate ini sangat friendly use dan dapat digabung miningnya walaupun dengan banyak CPU sekaligus jadi dengan 1 akun walaupun 100 CPU akan tetap di kalkulasikan hasil menambangnya dan tidak perlu khawatir walaupun mati listrij saat mining karena data mining dan hasilnya akan tetap tersimpan. Awalnya saya mencoba dengan 3 CPU dengan Spek  Antara lain : 2 CPU Dual Core 3GHz dan 1 CPU Core i5 3.2GHz yang berada di kantor dan mendapat kecepatan 80 Has/sec bila digabungkan waktu itu saya mencoba mining cryptocurrency dengan nama XMR atau bitnmonero karena Minergate Merekomendasikan jenis cryptocurrency itu yang paling menguntungkan buat ditambang, Kemudian setelah beberapa minggu menambang akhirnya kelihatan hasil dengan beberapa angka-angka yang menutupi nol. Setelah saya kalkuasikan pendapatan dikit banget coy. Seminggu cuman 0.004 XMR atau setara 15 Ribuan dan terlebih lagi minimal ditarik atau Withdraw ke dompet penyimpanan uang digital harus 0.005 XMR. Malah komputer harus dinyalain 24 jam lagi untuk Mining, Walaupun saya menggunakan Komputer kantor  yang tidak perlu repot-repot bayar listrik untuk mining tetap saja lama dapat hasilnya hehehe “mudah-mudahan gak dibaca ni postingan sama bos wkwkw”. Bayangkan guys dari kecepatan 80 hash/sec itu saya mulai berfikir untuk menaikan kecepatan dengan membeli VGA yang murah-murah saja. Saya mulai mencari referensi VGA yang murah tapi bagus, Awalnya saya berfikir semua VGA dapat digunakan untuk mining akan tetapi persepsi saya salah VGA yang support mining di Minergate adalah VGA dengan memory minimal 2GB. Untung saat itu saya masih belum membeli VGA cuman liat-liat aja di Olshop saja. Dan Akhir bulan Kemaren saya putuskan untuk mencoba membeli VGA 2GB HIS RADEON R7 250.
Dengan sabar saya menunggu selama 3 hari dan pada akhirnya paket datang Seketika datang bisa dibayangkan bagaimana perasaan saya bahagianya dalam hati Aseeek. Oke dikantor ada 1 CPU yang dikhususkan nyala 24 jam karena dijadikan Server di kantor dan saya pun langsung mencoba di komputer tersebut dan setelah menginstall drivernya lalu saya cek menggunakan Software GPU-Z di sana tertulis His Radeon R7 200 dengan perasaan dag dig dug saya coba buka minergate dan walaaaaaaaaa
Gak ada muncul gan tulisan GPU miningnya disitu saya langsung sedih. Tidak lama setelah itu saya mencoba telpon penjualnya dan menanyakan kenapa gak sesuai dengan di tulisan kok R7 250 tapi di drivernya R7 200 dan dia jelaskan bahwa memang versi R7 250 kalau di drivernya tertulis R7 200. Saya sempat tidak percaya dan masih mencari cara gimana sih kok VGA yang saya beli tidak bisa. Dan akhirnya saya menemukan sebuah forum yang mengatakan bahwa benar driver R7 250 tertulis R7 200 Dan kesalahan tentunya terletak di Minergate yang tidak support VGA tersebut . Saya tidak putus asa secepat itu tidak lama karena minergate saya tau tidak cocok dengan VGA tersebut saya beralih ke NiceHash dan setelah mencoba ternyata tidak bisa juga karena Nicehash membutuhkan komputer dengan 64 Bit system dan dikantor saya CPU tersebut hanya sebatas 32 Bit dan tidak bisa di upgrade ke 64 bit T__T disitu saya merasa sedih dan pada akhirnya VGA tersebut saya bawa pulang dan saya simpan  rapat-rapat mungkin bisa nanti saya gunakan saat punya CPU khusus buat Mining nanti. Yah kurang lebih begitulah pengalaman saya di dunia menambang dan terhenti karena tidak cukup modal coy wkwkw. Terpaksa kembali mining seadanya dengan CPU kantor dengan hasil pas pasan.
Saran buat temen-temen kalau mau mulai menambang minimal harus siapkan modal ya minimal keci-kecilan dari CPU sampai GPU (VGA) sekitar 10-15 juta lah. Kalau sobat masih mau mencoba mining dengan CPU tok! ya harus sabar dan ingat kalo nambangnya di rumah ingat listrik nanti tagihan membengkak Istri ngomel lagi :p. Apalagi kalau miningnya dengan Laptop gan hati-hati bisa rusak karena saat mining ini CPU digunakan 100% tanpa henti sehingga bisa membuat perangkat Overheat.
Sekian pengalaman dari saya, maaf belepotan bahasanya ya. Kalau ada pertanyaan langsung saja di kolom komentar ya dna jangan lupa subscribe chanel Youtube saya. Good  Luck !!