Bagikan Postingan ini :
Halo sobat pada kesempatan kali ini saya akan mencoba sharing Tips & Trick cara Sharing Printer agar dapat digunakan untuk bersama-sama cara ini sangat cocok sekali untuk teman-teman di perkantoran yang sibuk jadi tidak perlu repot-repot menggunakan kabel yang sangat panjang dan ruwet cukup 1 Komputer/Laptop yang terhubung dengan Printer agar menjadi Server Induknya. Modal yang dibutuhkan adalah Komputer/Laptop dan Printer Tentunya disamping itu juga koneksi Internet dan sudah disetting wifinya ya sobat. Oke Kita mulai saja Pertama-tama sobat harus tau dulu apa sih nama Komputer/Lapotp sobat. Caranya adalah sobat harus Mengetahui 4 hal diantaranya adalah :

1. Mengetahui Dulu Nama Komputer yang Dijadikan Server
 
Klik Start Lalu Pilih Devices and Printers lalu lihat gambar di samping Monitor, Jadi itulah Nama Komputer sobat untuk Komputer ane Special ane kasi nama SERVER.  Bisa juga dengan cara lain  yaitu klik kanan pada My Computer di Desktop dan Pilih properties. Ada di bagian Computer Name  (Lihat Gambar di bawah)
Devices & Printers
My Computer > Properties
2. Mengetahui Cara Setting Network and Sharing Center
 
Selanjutnya kita setting dulu Network kita caranya adalah Klik Start lalu  Pilih Control Panel lalu cari Network and Sharing Center (Lihat Gambar di Bawah)
Start > Control Panel
Network and Sharing Center
Setelah itu pilih Change Advanced Sharing Settings dan sobat ikuti gambar di bawah (Pastikan untuk mematikan Password Protected Sharing) dan seteah selesai Klik Save Changes.
Change Advanced Settings
Ikuti Setting di atas
3. Mengetahui Cara Setting Printer Sharing
 
Oke di tahap ini kita akan memulai setting untuk Sharing Printernya ya sobat dan pastikan sebelumnya Printer sudah terinstal di Komputer/Laptop sobat. Pertama-tama Klik Start lalu pilih Devices and Printers.
Start > Control Panel
Setelah terbuka menu lanjut untuk Klik kanan pada Printer yang akan sobat Sharing pilih Printer Properties
Pilih Printer yang di Sharing
Klik Kanan > Printer Properties
Setelah muncul menu lagi disitulah sobat centang Share This Printers dan bisa sobat beri nama sesuka Hati lalu klik OK
Centang Share This Printers
 
4. Mengetahui Cara Menggunakan Printer Sharing
 
Oke sampai disini sobat sudah bisa menggunakan printer tadi untuk di Share ke semua Laptop atau Device yang terkoneksi dengan wifi tersebut. Cara menggunakanya adalah :
Start lalu ketik Run
Start > Run
Setelah muncul dialog box ketik “ \NamaKomputerServer ” tanpa tanda petik. Disitu berguna untuk mencari Printer pada Komputer Server yang telah di Sharing menggunakan cara di atas.  Setelah selesai klik OK
Masukan dengan Backslash dan Nama Printer (Tanpa Spasi)
Setelah klik oke maka akan muncul gambar printer yang telah di share tadi dan tinggal sobat pilih deh mana komputer yang di Share tadi.
Printer yang muncul dan dapat di Share
Tinggal klik kanan lalu connect dan Printer siap digunakan di Komputer/Laptop Sobat.
Klik Kanan > Connect
CATATAN : DRIVER PRINTER YANG DIGUNAKAN UNTUK SHARING HARUS TERISNTAL DI LAPTOP/KOMPUTER YANG AKAN MENGGUNAKAN PRINTERNYA SEHINGGA LAPTOP/KOMPUTER BISA MEMBACA PRINTER TERSEBUT SEBAGAI DEVICE.
Oke sekian dlu ya sobat semoga Tips & Trick kali ini bisa berguna bagi sobat, bila ada salah dalam penulisan dan kata mohon maaf ya. Jikalau ada pertanyaan silahkan tinggalkan di kolom komentar. Thanks