Menggunakan Wireless Display Adapter Anycast

Halo sobat kali ini saya akan share pengalaman saya membeli sebuah device yang bernama anycast. awalnya saya tertarik membeli device ini karena bisa digunakan untuk menampilkan layar laptop kita ke TV tanpa menggunakan kabel, yaiyalah namanya juga wireless yak hehe. Jadi sebenarnya saya tidak ingin repot terlalu banyak kabel melintang disana-sini makanya saya pilih device ini sebagai pengganti kabel HDMI.
Yup pastinya di jaman sekarang kalau mau belanja tinggal buka handphone lalu buka salah satu aplikasi mall online (banyak kok contohnya seperti tokopedia dan shopee) kemudian saya coba lihat-lihat dan saya setting mode pencaharian produknya ke penjualan terbanyak  (pasti sobat begitu juga khan ?) dan saya menemukan device yang murah dan banyak mendapat bintang 5 coy. kurang lebih gambarnya seperti di bawah :
Saya langsung tergiur melihat harganya yang cuman Rp. 115.000,- (Seratus lima belas ribu rupiah) dan mendapat banyak bintang dari pembelinya, Oke tanpa pikir panjang saya langsung masukan keranjang Checkout dan Transfer uangnya gan (maklum baru gajian ?).Kemudian setelah transfer bla bla bla pesanan dikirim sayapun menunggu dirumah dengan sabar, 3 hari berlalu pesanan saya akhirnya datang maklum saya tinggal agak timur sedikit dari Jakarta jadi agak lama pengirimnya ?.

 

 

Oke setelah datang langsung saya sobek-sobek bungkusnya dan dengan tidak sabar saya tes di TV LG 21 inch saya. Oke muncul tampilan yang tidak sesuai dengan di gambar yang di iklankan. Lihat gambar di bawah :
Tampilan Iklan
Tampilan Asli
Oke pada awalnya saya tidak memperdulikan masalah tampilan interface dari device anycast yang saya beli kemudian saya langsung tes koneksikan dengan HP android (Samsung S4) dan berhasil connect, sampai sini legaaa?, kemudian saya beranjak dari Android ke Laptop. Oke awalnya saya menggunakan Windows 8 dan mencoba mggunakan alat ini, saya coba koneksikan wifi lapop dengan anycast, terkoneksi sih alatnya tapi Limited dan saya coba proyeksikan ke TV kemudian hasilnya tadaaaaa…Ternyata gak bisaa waduhhhh? disitu saya mulai kecewa, saya coba ulang masih gak bisa dan akhirnya saya mencoba mencari info di Google, disana terdapat info bahwa laptop kita harus suppor Intel WIDI (Wireless Display) Oke disini saya mulai cemas apakah laptop saya sudah support atau gak sih, saya coba cek di situs resmi Intel disana dikatakan processors generasi ke 2 atau 2nd Generation processors  gak support Intel WIDI dan yang support harus di atas generasi ke 3. Generasi ke 3 atau 3rd Generation itu pun masih bisa asalkan menggunakan Software Bawaan resmi dari Anycast atau EzCast. Oke saya coba cari tahu Laptop saya processornya Generasi keberapa dengan googling dan menemukan caranya dengan cara klik kanan pada My Computer lalu Properties dan di bagian system terlihat data di bawah. :
jadi bisa saya jelaskan bahwa setelah googling saya akhirnya dapat ilmu dan sedikit paham bagaimana cara membedakan generasi processornya yaitu pada bagian Processor :
Intel(R) Core(Tm) : Merupakan Merek dagang
i5 : Merupakan Jenis/ Tipe Processor
3340M : Memiliki Pengertian bahwa Angka 3 di digit awal merupakan generasi processor intel laptop anda, dan 3 digit selanjutnya merupakan digit angka SKU (saya juga kurang paham SKU itu apa ?) intinya saya cuman mau tahu generasi processornya. Oke setelah tau saya yakin pasti bisa menggunakan software Anycast atau EzCast, kemudian saya coba download software Anycast di situs resminya. Setelah download dan instal saya coba lagi dan tetap tidak terbaca. Waduh sampai sini saya mulai bingung kok gak bisa ya trus saya perhatikan lagi ternyata ada yang aneh dengan Interface awal alat ini di iklan tertulis Anycast tapi di Interfacenya Rockchip, Akhirnya saya googling lagi dengan kata kunci “Rockchip” dan tidak menemukan apa-apa tentang Wireless Display atau alat ini. Saya mulai berfikir bahwa bukan Laptop saya ni yang gak beres tapi alat ini yang Palsu Sepertinya. Kemudian saya baca-baca lagi ulasan pembeli yang memberi bintang 5 di produk ini, kebanyakan dari mereka memang memakainya buat handphone Android mereka, Dan alat ini memang di khususkan buat Android dan tidak ada Supportnya buat Laptop, Dalam hati saya berfikir sepertinya saya salah beli dan tergiur dengan harga murah tapi abal-abal. Tapi karena keinginan yang besar bisa Proyeksikan dan Extend Layar Laptop ke TV sayapun mencari lagi Produk dengan merk yang lain. Sayapun gak mau lagi ketipu dengan harga Murah dan mencari yang agak mahal dikit hehehe ?. Dengan penuh pertimbangan akhirnya saya memantapkan keputusan untuk membeli Device dengan merk EzCast, Saya juga tidak lupa membaca dulu Ulasan para pembeli yang memberi bintang- bintang di Produk ini, yah kurang lebih penampakan Iklanya Seperti ini :
Oke saya pesan dan transfer kemudian kembali lagi menunggu 3 hari dengan sabar ?. Selanjutnya 3 hari berlalu dan paket saya datang kali ini sedikit berbeda dan saya yakin pasti bisa, Dengan tidak sabar sayapun mencoba di TV dan berbeda dengan sebelumnya alat ini Interfacenya lebih meyakinkan kalau alat ini memang Original, Penampakan :

 

EzCast Original
Jadi dengan percaya diri saya mencoba di laptop saya hubungkan dan tadaaaaa! Masih gak mau juga gannn ?. Waduh sudah lama-lama nunggu dan beli 200ribuan gak bisa rugi lagi dah dalam hati saya. Tapi saya gak nyerah begitu saja, Saya jadi ingat Laptop saya kan Processornya Generasi ke 3 jadi gak bisa langsung di proyeksikan dan membutuhkan software tambahan dari Ezcast, Oke saya langsung meluncur dengan google mencari software Ezcast dan kemudian saya download lanjut di instal lalu saya coba…
Mirror Display
dan Akhirnya demi Neptunus Puji kerang Ajaibbb!!!
Berhasil coy walaupun perlu bantuan software untuk menjalankan Proyeksinya yah gpp lah yang penting bisa buat nonton di sebelah dan gak menggangu kerjaan di laptop.
Oke sampai disini dulu ya pengalaman yang saya dapatkan semoga berguna buat sobat yang ingin mencari Device Wireless pengganti Kabel HDMI, Oya perlu sobat ketahui jika menggunakan Kabel HDMI sobat akan jauh mendapatkan kulaitas gambar yang bagus dan tidak patah-patah dibandingkan dengan alat Wireless, Saya sudah coba dan masih ada sediki Lag saat kita menggunakanya jadi gak Smooth seperti menggunakan kabel, Tapi kalau sobat gunakan buat nonton bisa dibilang Lumayan lah. Sampai disini jika ada pertanyaan langsung ajukan di kolom komentar ya, Selamat Mencoba dan jangan Lupa Subscribe Youtube saya. ?

Catatan : Saya tidak bermaksud Promosi atau Beriklan apalagi sampai membuat Produk orang lain menjadi tidak laku. Saya hanya berbagi Pengalaman agar sobat bisa lebih bijak dalam memilih barang tidak seperti saya yang ceroboh dan kurang pengetahuan dalam berbelanja Online. 

Bagikan Postingan ini :

Putu Artha

Seorang Laki- Laki yang senang berbagi ilmu seputar Informasi Teknologi dan Elektronika Serta pengalaman yang pernah saya lakukan

Leave a Reply