Bagikan Postingan ini :

Selamat pagi sobat dan selamat weekend, pada postingan hari ini saya akan sharing sedikit tentang tutorial Photoshop  membuat Spalsh Color pada Foto atau membuat efek warna di sebagian object yang kita inginkan dan hitam putih pada object yang tidak kita inginkan seperti gambar di samping. Proses pembuatan Color Splash ini terbilang cukup mudah walaupun sebenarnya kita bisa menggunakan cara lain seperti Seleksi langsung menggunakan Pen Tool.
Oke langsung saja kita praktekan. Pertama-tama buka Photoshop lalu pilih gambar yang akan sobat Edit.
1. File> Open

2. Setelah membuka file gambar akan muncul layer dan berisikan gambar Gembok pada bagian kanan layer . Klik 2 x pada Layer lalu tekan OK. untuk menghilangkan gembok pada layer. (Lihat Gambar di bawah).

3. Seteleh gembok pada layer hilang lalu duplikat layer Background  dengan menekan CTRL + J. (Lihat Gambar di bawah)

4. Setelah sobat duplikat kemudian ganti nama layer tersebut agar memudahkan sobat dengan mengklik 2x pada nama layer dan biasakan mengganti nama layer untuk kemudahan kita saat mengedit. (Lihat Gambar di bawah)

5. Oke langsung saja kita rubah fotonya menjadi Hitam Putih sesuai nama layer. Dengan Cara klik Image > Adjustment> Lalu Pilih Desaturate atau untuk lebih cepatnya sobat bisa lihat di bawah shortcutnya dengan menekan Shift+CTRL +U (Lihat Gambar di bawah).

6. Oke kita lanjut, setelah foto menjadi hitam putih lalu saatnya kita mulai maskingnya, oke kesenanganya dimulai disini ?.  Klik layer mask pada pilihan tool di bawah, pastikan sobat mengaktfkan layer mask pada B&W layer ya bukan Background. (Lihat Gambar di bawah)

7. Setelah layer mask terbentuk disamping layer B&W kemudian kilik  Brush Tool pada Toolbar di samping kiri. (Lihat Gambar di bawah)

8. Oke sampai sini sobat akan memulai menggambar object yang ingin diwarnai.ingat masking harus pada layer putih disamping layer B&W.  Saya mulai dari kepala dahulu. (Lihat Gambar di bawah)

9.  Kemudian lanjut menggambar sampai object yang sobat mau terwarnai seluruhnya, untuk ukuran brush bisa dieseuaikan dengan cara klik kanan dan pilih Size (ukuran) brush agar lebih rapi saat mewarnai gambar. (Lihat Gambar di bawah)

10. Apabila nantinya sobat salah dalam mewarnai object dan ingin menghapus warna yang keluar dari object tersebut tinggal pindahkan brush toolnya ke Eraser Tool dan pastikan layer yang akan dihapus adalah layer maskingnya bukan layer utama. (Lihat Gambar di bawah)

11. Oke sampai disini sobat pasti sudah paham bagaimana mewarnai object yang kita inginkan agar terlihat Cool ?. Salnjutnya sobat tinggal kreasikan sendiri sesuai keinginan sobat. Setelah selesai  langsung Save As ya dengan format yang sobat inginkan. disini saya save dengan format .jpg

Hasil Foto
atau bisa juga seperti ini

Yup sampai sini sekian dulu tutorial yang bisa saya share kurang lebihnya saya mohon maaf. semoga bisa bermanfaat sobat. Salam Mr.Leong